Tentang Animindo.NET

animindo.netAnimindo.NET adalah sebuah situs yang bertujuan memberikan informasi seputar dunia animasi buatan negeri Jepang yang biasa dikenal dengan sebutan anime dalam bahasa Indonesia. Dalam perkembangan selanjutnya, Animindo.NET kemudian menambahkan bagian informasi “manga” (komik Jepang) dan juga “novel” (dalam hal ini novel yang berkaitan dengan anime atau manga). Selain itu, Animindo.NET juga menyediakan sarana forum untuk diskusi dan komunikasi antar penggemar anime dan manga, bahkan sampai pada pertemuan antar member yang sering disebut “Animindo Gathering”.

 

The First Years

Pada awal berdirinya, situs ini belum mempunyai nama. Hal itu disebabkan karena pada saat itu yang ada hanyalah sebuah website pribadi yang dibuat oleh UQ, satu orang fan anime yang pernah menonton anime pada masa kecil (dan masih tetap menonton sampai sekarang). Situs yang dibuat hanya memuat beberapa judul anime saja dan dibuat dalam bahasa Inggris. Masalah berikutnya adalah tempat untuk hosting, dan karena belum mempunyai dana yang cukup, diputuskan untuk menggunakan salah satu webhost gratis yang menjamur pada masa itu. Setelah berpikir agak lama, akhirnya muncul nama yang dianggap akan dapat mewakili situs ini, yaitu animindo. Bulan November 1998, diputuskan untuk menggunakan host xoom.com (entah masih ada atau tidak). Berbekal pengetahuan ala kadarnya soal internet dan bahasa HTML, dimuatlah desain awal yang ketika itu masih menggunakan template yang disediakan oleh sebuah software webdesign. Upload pun dilakukan dengan menggunakan fasilitas upload dari situs yang menjadi host. Bisa dibayangkan meng-upload file satu per satu (soalnya webmaster-nya belum tau soal FTP). Setelah melakukan upload bertahap dengan koneksi internet dial-up (yap. Dial-up), akhirnya semua file berhasil dikirim, maka dibukalah situs dengan alamat http://members.xoom.com/animindo.

Animindo 2008

Animindo 2008

Di luar dugaan, situs ini ternyata mampu menarik perhatian penggemar anime di Indonesia. Hit Counter yang dipasang di website terakhir menunjukkan jumlah kunjungan sekitar 5000 selama kurang lebih 6 bulan pertama. Setelah berjalan selama kurang lebih satu tahun, webmaster mendapat beberapa e-mail masukan dari para pengunjung yang mengatakan bahwa sebaiknya situs ini berbahasa Indonesia karena tujuannya adalah memberikan informasi kepada fans di Indonesia. Pada saat yang hampir bersamaan, xoom.com mengumumkan bahwa jasa host gratisnya akan segera dihapus! Sambil mengubah data animindo satu per satu (ya, saat itu webmaster belum pakai php-mysql seperti sekarang, jadi kalau ada update desain, maka harus mengubah semua webpage satu per satu), diputuskan untuk mencari host baru yang gratis dan bisa diandalkan. Pilihan kemudian jatuh ke hypermart.net. Jadilah animindo dimigrasikan ke host yang baru mulai sejak tahun 1999. Pada saat itu, beberapa teman mulai memberikan bantuan berupa masukan informasi seputar anime dengan demikian, data animindo pun makin bertambah. Masalah berikutnya adalah bahwa nama/URL

animindo terlalu panjang yaitu: http://animindo.hypermart.net. Setelah berkeliliing-keliling di internet, akhirnya ditemukanlah URL referral yang cukup menarik yaitu: cjb.net. Sejak itu, jadilah alamat situs ini http://animindo.cjb.net.

 

The Next Step

Animindo 2009

Animindo 2009

Berjalan selama hampir 3 tahun (1999 – akhir 2001), kembali terjadi pengumuman soal rencana penutupan hosting gratis di hypermart. Karena sudah terjadi dua kali, maka akhirnya webmaster memutuskan untuk membeli sebuah domain. Untuk itu, akhirnya dicarilah hosting yang sifatnya lokal untuk memudahkan pengurusan. Setelah selesai migrasi semua file, maka pada tanggal 20 Februari 2002 (20-02-2002), resmi dibukalah Animindo.NET. Disusul kemudian dengan dibukanya Forum Animindo.NET. Dari sinilah kemudian member animindo mulai terbentuk dan gathering pun dilakukan pertama kali di Mal Taman Anggrek di tahun yang sama. Secara mengejutkan, pada akhir tahun 2002 ternyata Animindo.NET mendapat kehormatan untuk dimasukkan dalam salah satu Situs Terbaik Kategori Hobi versi majalah Komputer Akt!f. Sejak saat itu sampai sekarang Animindo.NET tetap terus dikembangkan meskipun sempat terjadi vakum selama kurang lebih 5 tahun, tetapi Animindo.NET tetap berusaha eksis dan untuk sekarang sudah dibantu oleh beberapa kontributor yang menyumbangkan informasi ke Animindo.NET seperti Tsu, Ki-chan, Kou Yagami, Hotaru, Shindo, Zechs dan kawan-kawan lain yang membantu memberikan informasi, sementara untuk maintenance dan web developing dibantu oleh djt. Terima kasih kepada semua kontributor, dan tentunya pengunjung Animindo.NET. Semoga situs ini bisa terus berkembang dan mampu memberikan informasi yang bermanfaat kepada para pengunjungnya.

 

Award

 

 

 

Regards,
Webmaster

One thought on “About

  1. Tokyo Otaku Mode Inc.

    My name is Don Jones and I am a staff member of Tokyo Otaku Mode Inc.

    We have just launched an iPhone app on 11/09/2012 and very much appreciate if you can review it on your website.
    The app is called “Otaku Camera”, which enables you to photoshop your pictures and make them look like cool manga/cartoon.

    This is our website introducing the app and you can find sample materials for your review:
    http://otakucamera.com/

    This is the iTunes page for Otaku Camera:
    https://itunes.apple.com/us/app/id577019752?mt=8

    Features:
    * With over 30 different effects, you can mangatize everything including people, objects, and scenery.
    * Take pictures of yourself, or enjoy the app with friends and family.
    * Mangatize any pictures already in your camera roll.
    * Share your pictures to Facebook and Twitter.

    Android version will be launched in a few weeks.

    Tokyo Otaku Mode is a web platform sharing Japanese otaku culture with the world.We report on everything otaku including figures, nendoroids, manga, anime, cosplay, and otaku conventions from all over the world. We also bring you the latest news straight from Akiba, Tokyo-the center of otaku culture. We have started out our operation as a facebook page since early 2011 and now have 7.6 million fans. We have currently shifted its weight to our native web site, otakumode.com.

    http://www.facebook.com/tokyootakumode
    http://otakumode.com/

    This is our first time to launch a smartphone app and we are hoping for its success.

    I very much appreciate if you can write a review on the app.

    Best,

    Don Jones
    Tokyo Otaku Mode Inc.

Comments are closed.